Rabu, 11 April 2012

Kali ini saya akan sedikit mengajak anda belajar sejarah, sejarah kali ini yaitu Pembubaran BPUPKI yang kemudia diganti oleh PPKI. Pembubaran BPUPKI dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus 1945, dan atas persetujuan Jenderal Terauchi dibentuklah badan pengganti yang diberinama Dokuritsu Junbi Iinkai atau Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia disingkat PPKI.

PPKI diketuai oleh Ir. Soekarno dan wakil ketuanya adalah Drs. Moh. Hatta dengan jumlah anggota 21 orang yang mewakili tiap-tiap daerah Nusantara.

Dalam perkembangan, PPKI merupakan organisasi/badan yang digunakan sebagai alat untuk perjuangan oleh para tokoh Nasional. Hal ini didukung oleh bukti penambahan anggota PPKI menjadi 27 orang tanpa seizin dari pemerintah Jepang.

Pada tanggal 9 Agustus 1945 tiga orang tokoh terkemuka dalam PPKI, Bung Karno, Bung Hatta dan Dr Radjiman bertolak Dalath, Vietnam dalam memenuhi undangan Panglima Mandala Asia Tenggara, Marsekal Terauchi, yang menyampaikan keputusan dari kekaisaran Jepang untuk memberi Kemerdekaan pada bangsa Indonesia, dengan wilayah seluruh bekas wilayah jajahan Hindia Belanda di Indonesia.

Berikut ini Gambar jenderal Terauchi :


Tagged
Different Themes
Ditulis Oleh Akmil Ibnu Sobari

Man Jadda Wa Jada

0 komentar

Silahkan, sekarang, siapapun boleh memberikan komentar.
Blog ini Dofollow, silahkan beri komentar untuk mendapat backlink gratis