Kamis, 22 September 2016

Notasi Faktorial

Kali ini, mari kita Belajar Faktorial Permutasi dan Kombinasi yang merupakan materi matematika saat di SMA. Lanjut saja ke pembahasan.
Faktorial
Faktorial sendiri adalah perkalian menurun bilangan bulat n sampai 1, misal kita ambil n adalah 3, maka 3 faktorial adalah 3 x 2 x 1 = 6, sehingga 3 faktorial adalah 6, contoh lain misal n adalah 100 maka 100 faktorial adalah 100 x 99 x 98 x ... x 3 x 2 x 1, hasilnya hitung sendiri pasti panjang digitnya. Faktorial sendiri dinotasikan dengan ! (tanda seru). Sebagai contoh 5 fakorial = 5! .
Permutasi
Permutasi adalah banyaknya cara mengambil atau mendapatkan r unsur dari n unsur yang ada, atau dengan kata lain mengambil unsur yang berbeda sebanyak r dengan memperhatikan urutan, seperti mengambil babaju nomor 1 kemudia 2 tidak sama dengan mengambil baju 2 kemudia 1. Sebagai contoh, misal ada huruf-huruf S, E, N, D, A, L akan dibentuk suatu kata lain dari huruf-huruf tersebut tetapi dengan awalan dan akhiran huruf konsonan, maka ini sama dengan P(6,2) yang hasilnya 6!/(6-2)! = 6!/4! = 6 x 5 = 30.

Kombinasi
Kombinasi sendiri adalah banyaknya cara mengambil atau mendapatkan r unsur dari n unsur yang ada tanpa memperhatika urutan. Sebagai contoh misal terdapat huruf A, B, C dan D akan dibuat 2 huruf-2 huruf, maka ada berapa cara membuatnya?
Soal tersebut dapat dijawab dengan rumus kombinasi yaitu nCk = n!/((n-r)! x r!)
Sehingga kita dapatkan 4C2 = 4!/(2! x 2!) = 4*3/2 = 6. Jadi ada 6 cara menyusun huruf tersebut 2 huruf-2 huruf.

Sekian Belajar Faktorial Permutasi dan Kombinasi kali ini, bila ada yang keliru atau mau menanyakan terkait pembahasan di atas silahkan komentar di bawah.
Tagged
Different Themes
Ditulis Oleh Akmil Ibnu Sobari

Man Jadda Wa Jada

0 komentar

Silahkan, sekarang, siapapun boleh memberikan komentar.
Blog ini Dofollow, silahkan beri komentar untuk mendapat backlink gratis